Penyakit Coronavirus-2019 (COVID-19) Pada Anak

wp-1580267645014.jpgPenyakit Coronavirus-2019 (COVID-19) Pada Anak

Widodo Judarwanto, Audi Yudhasmara

Penyakit koronavirus 2019 atau COVID-19 (coronavirus disease 2019), juga dikenal sebagai penyakit pernapasan akut 2019-nCoV, pneumonia Tiongkok, pneumonia Wuhan, dan pneumonia koronavirus baru adalah penyakit menular yang disebabkan oleh SARS-CoV-2. Penyakit ini pertama kali terdeteksi selama wabah koronavirus baru 2019–2020. Penyakit ini menyebabkan gejala seperti flu,termasuk demam, batuk, dispnea, nyeri pada otot, dan kelelahan. COVID-19 dapat menyebabkan pneumonia, sindrom gangguan pernapasan akut, sepsis dan syok septik, dan kemungkinan kematian. Belum ada pengobatan khusus, upaya yang dilakukan masih untuk mengendalikan gejala penyakit ini. Permasalahan kesehatan baik manifestasi klini dan penanganan penyakit COVID-19 pada anak masih belum banyak diungkapkan.

Kerentanan usia anak terhadap virus yang menyebabkan COVID-19 dibandingkan dengan populasi umum juga masih banyak diketahui. Tidak ada bukti bahwa anak-anak lebih rentan.  Faktanya, sebagian besar kasus COVID-19 yang dikonfirmasi yang dilaporkan dari Tiongkok terjadi pada orang dewasa.  Infeksi pada anak-anak telah dilaporkan, termasuk pada anak-anak yang sangat muda. Dari informasi terbatas yang diterbitkan dari Coronavirus Sindrom Pernafasan Akut Parah yang lalu (SARS-CoV) dan wabah sindrom korona virus pernafasan Timur Tengah (MERS-CoV), infeksi pada anak-anak relatif jarang terjadi.

Anak harus melakukan tindakan pencegahan biasa untuk menghindari infeksi, termasuk mencuci tangan sering menggunakan sabun dan air atau pembersih tangan berbahan dasar alkohol, menghindari orang yang sakit, dan mengikuti perkembangan terbaru pada vaksinasi, termasuk vaksin influenza.

Manifestsi klinis COVID-19 pada anak-anak

• Laporan terbatas anak-anak dengan COVID-19 di Cina telah menggambarkan gejala seperti pilek, seperti demam, pilek, dan batuk.
  • Gejala gastrointestinal (muntah dan diare) telah dilaporkan pada setidaknya satu anak dengan COVID-19.
  • Laporan terbatas ini menunjukkan bahwa anak-anak dengan COVID-19 yang dikonfirmasi umumnya menunjukkan gejala ringan, dan meskipun komplikasi parah (sindrom gangguan pernapasan akut, syok septik) telah dilaporkan, mereka tampaknya jarang terjadi.

Derajat keparaha, morbiditas, atau kematian

• Derajat keparaha, morbiditas, atau kematian akibat infeksi COVID-19 pada anak dan dewasa belum banyak dilaporkan.
  • Tetapi sampai saat ini hanya ada sedikit laporan tentang hasil klinis untuk anak-anak dengan COVID-19. Laporan terbatas dari Cina menunjukkan bahwa anak-anak dengan COVID-19 yang dikonfirmasi dapat timbul dengan gejala ringan dan meskipun komplikasi parah (sindrom gangguan pernapasan akut, syok septik) telah dilaporkan, mereka tampaknya jarang terjadi.
  • Namun, seperti halnya penyakit pernapasan lainnya, populasi anak-anak tertentu mungkin berisiko tinggi mengalami infeksi parah, seperti anak-anak dengan kondisi kesehatan yang mendasarinya seperti gangguan asma

Neonatus dan Bayi

Meski sangat terbatas sampai saat ini masih banyak diamati masalah bayi yang lahir dari ibu dengan COVID-19 selama kehamilan. Berdasarkan laporan kasus terbatas, hasil bayi yang beresiko (mis., Kelahiran prematur) telah dilaporkan di antara bayi yang lahir dari ibu yang positif COVID-19 selama kehamilan. Namun, tidak jelas bahwa hasil ini terkait dengan infeksi ibu, dan pada saat ini risiko hasil bayi yang merugikan tidak diketahui. Mengingat data terbatas yang tersedia terkait COVID-19 selama kehamilan, pengetahuan tentang hasil yang merugikan dari infeksi virus pernapasan lainnya dapat memberikan beberapa informasi. Sebagai contoh, infeksi virus pernapasan lainnya selama kehamilan, seperti influenza, telah dikaitkan dengan hasil neonatal yang merugikan, termasuk berat lahir rendah dan kelahiran prematur. Selain itu, menderita pilek atau influenza dengan demam tinggi pada awal kehamilan dapat meningkatkan risiko cacat lahir tertentu. Bayi dilahirkan prematur dan / atau kecil untuk usia kehamilan oleh ibu dengan infeksi coronavirus lainnya, SARS-CoV dan MERS-CoV, selama kehamilan.

Risiko COVID-19 pada wanita hamil dapat memiliki efek jangka panjang pada kesehatan dan perkembangan bayi dan anak dalam jangka panjang masih banyak belum diketahui Pada saat ini, tidak ada informasi tentang efek kesehatan jangka panjang pada bayi baik dengan COVID-19, atau mereka yang terpapar virus yang menyebabkan COVID-19 dalam kandungan. Secara umum, prematuritas dan berat badan lahir rendah dikaitkan dengan efek kesehatan jangka panjang yang merugikan.

Penularan melalui ASI

Penyakit ibu dengan COVID-19 selama menyusui terkait dengan risiko potensial untuk bayi menyusui masih belum banyak terungkap. Penularan dari manusia ke manusia melalui kontak dekat dengan seseorang dengan COVID-19 yang telah dikonfirmasi telah dilaporkan dan diperkirakan terjadi terutama melalui tetesan pernapasan yang dihasilkan ketika seseorang dengan infeksi batuk atau bersin.

Dalam serangkaian kasus terbatas yang dilaporkan hingga saat ini, tidak ada bukti virus telah ditemukan dalam ASI wanita dengan COVID-19. Tidak ada informasi yang tersedia tentang penularan virus yang menyebabkan COVID-19 melalui ASI Dalam laporan terbatas tentang wanita menyusui yang terinfeksi SARS-CoV, virus belum terdeteksi dalam ASI; Namun, antibodi terhadap SARS-CoV terdeteksi pada setidaknya satu sampel.

Penanganan Penderita Covid19 Pada Anak

• Saat ini tidak ada obat antivirus yang direkomendasikan atau dilisensikan oleh Food and Drug Administration AS untuk COVID-19. Penatalaksanaan klinis mencakup penerapan tindakan pencegahan dan pengendalian infeksi yang direkomendasikan secara cepat dalam pengaturan layanan kesehatan dan penatalaksanaan komplikasi yang suportif.
  • Anak-anak dan anggota keluarga mereka harus melakukan tindakan pencegahan biasa untuk mencegah penyebaran infeksi pernafasan, termasuk menutupi batuk, sering mencuci tangan dengan sabun dan air atau pembersih tangan berbahan dasar alkohol, dan mengikuti perkembangan vaksinasi, termasuk influenza.

wp-1583202102285.jpg