Menyusui Oleh Ibu Dengan COVID-19

wp-1583202102285.jpgMenyusui Oleh Ibu Dengan COVID-19

Widodo Judarwanto, Sandiaz Yudhasmara

Penyakit koronavirus 2019 atau COVID-19 (coronavirus disease 2019), juga dikenal sebagai penyakit pernapasan akut 2019-nCoV, pneumonia Tiongkok, pneumonia Wuhan, dan pneumonia koronavirus baru, adalah penyakit menular yang disebabkan oleh SARS-CoV-2. Penyakit ini pertama kali terdeteksi selama wabah koronavirus baru 2019–2020. Penyakit ini menyebabkan gejala seperti flu, termasuk demam, batuk, dispnea, nyeri pada otot, dan kelelahan. COVID-19 dapat menyebabkan pneumonia, sindrom gangguan pernapasan akut, sepsis dan syok septik, dan kemungkinan kematian. Belum ada pengobatan khusus, upaya yang dilakukan masih untuk mengendalikan gejala penyakit ini. Masalah baru timbul ketika penderita Covid19 adalah seorang ibu yang sedang menyusui bayinya yang masih kecil.

Semua ibu di daerah yang terkena dan berisiko yang memiliki gejala demam, batuk atau kesulitan bernapas, harus mencari perawatan medis lebih awal, dan mengikuti instruksi dari penyedia layanan kesehatan. Mempertimbangkan manfaat menyusui dan peran ASI yang tidak signifikan dalam penularan virus pernapasan lainnya, ibu dapat terus menyusui, sambil menerapkan semua tindakan pencegahan yang diperlukan. Untuk ibu yang bergejala cukup baik untuk menyusui, ini termasuk mengenakan masker ketika berada di dekat seorang anak (termasuk selama menyusui), mencuci tangan sebelum dan setelah kontak dengan anak (termasuk menyusui), dan membersihkan / mendisinfeksi permukaan yang terkontaminasi – seperti yang harus dilakukan di semua kasus di mana siapa pun dengan COVID-19 yang dikonfirmasi atau dicurigai berinteraksi dengan orang lain, termasuk anak-anak.

Jika seorang ibu terlalu sakit, ia harus didorong untuk mengeluarkan ASI dan memberikannya kepada anak melalui cangkir bersih dan / atau sendok – semuanya sambil mengikuti metode pencegahan infeksi yang sama.

Pedoman sementara ini ditujukan untuk wanita yang dipastikan memiliki COVID-19 atau orang yang sedang diselidiki (PUI) untuk COVID-19 dan saat ini sedang menyusui. Panduan sementara ini didasarkan pada apa yang saat ini diketahui tentang COVID-19 dan penularan infeksi pernapasan virus lainnya. CDC akan memperbarui panduan sementara ini sesuai kebutuhan ketika informasi tambahan tersedia. Untuk panduan menyusui dalam pengaturan postpartum langsung, lihat Pertimbangan Sementara untuk Pencegahan dan Pengendalian Infeksi 2019 Penyakit Coronavirus 2019 (COVID-19) di Pengaturan Perawatan Kesehatan Obstetri Rawat Inap.

wp-1582676272974.jpg

Penularan COVID-19 melalui ASI

• Banyak yang tidak diketahui tentang bagaimana COVID-19 tersebar. Penyebaran orang ke orang diperkirakan terjadi terutama melalui tetesan pernapasan yang dihasilkan ketika orang yang terinfeksi batuk atau bersin, mirip dengan bagaimana influenza (flu) dan patogen pernapasan lainnya menyebar.
  • Dalam studi terbatas pada wanita dengan COVID-19 dan infeksi coronavirus lain, Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS-CoV), virus belum terdeteksi dalam ASI; namun kita tidak tahu apakah ibu dengan COVID-19 dapat menularkan virus melalui ASI.

Panduan CDC menyusui untuk penyakit menular lainnya

• ASI memberikan perlindungan terhadap banyak penyakit. Ada pengecualian yang jarang terjadi saat menyusui atau menyusui dengan ASI tidak dianjurkan.
  • CDC tidak memiliki panduan khusus untuk menyusui selama infeksi dengan virus serupa seperti SARS-CoV atau Middle East Respiratory Syndrome (MERS-CoV).
  • Di luar pengaturan pascapersalinan segera, CDC merekomendasikan bahwa seorang ibu dengan flu terus menyusui atau menyusui ASI dengan bayinya sambil mengambil tindakan pencegahan untuk menghindari penyebaran virus kepada bayinya.

Pedoman menyusui untuk ibu dengan COVID-19 yang dikonfirmasi atau sedang diselidiki untuk COVID-19

• ASI adalah sumber nutrisi terbaik bagi kebanyakan bayi. Namun, banyak yang tidak diketahui tentang COVID-19. Apakah dan bagaimana memulai atau melanjutkan menyusui harus ditentukan oleh ibu berkoordinasi dengan keluarga dan penyedia layanan kesehatannya.
  • Seorang ibu dengan COVID-19 yang dikonfirmasi atau PUI yang bergejala harus mengambil semua tindakan pencegahan yang mungkin untuk menghindari penyebaran virus kepada bayinya, termasuk mencuci tangannya sebelum menyentuh bayi dan mengenakan masker wajah, jika mungkin, saat menyusui di payudara.
  • Jika memeras ASI dengan pompa payudara manual atau listrik, ibu harus mencuci tangannya sebelum menyentuh pompa atau bagian botol apa pun dan ikuti rekomendasi untuk pembersihan pompa yang benar setelah setiap kali digunakan. Jika memungkinkan, pertimbangkan untuk meminta seseorang yang memberi ASI dengan baik kepada bayi.