Infeksi Corona Virus Covid 19 Pada Ibu Hamil

wp-1580102152557.jpgInfeksi Corona Virus Covid 19 Pada Ibu Hamil

Widodo Judarwanto, Audi yudhasmara

Penyakit koronavirus 2019 atau COVID-19 (coronavirus disease 2019),juga dikenal sebagai penyakit pernapasan akut 2019-nCoV, pneumonia Tiongkok, pneumonia Wuhan, dan pneumonia koronavirus baru, adalah penyakit menular yang disebabkan oleh SARS-CoV-2. Penyakit ini pertama kali terdeteksi selama wabah koronavirus baru 2019–2020. Penyakit ini menyebabkan gejala seperti flu, termasuk demam, batuk, dispnea, nyeri pada otot, dan kelelahan. COVID-19 dapat menyebabkan pneumonia, sindrom gangguan pernapasan akut, sepsis dan syok septik, dan kemungkinan kematian. Belum ada pengobatan khusus, upaya yang dilakukan masih untuk mengendalikan gejala penyakit ini. Wanita hamil lebih rentan terhadap infeksi, atau berisiko lebih tinggi untuk penyakit parah, morbiditas, atau mortalitas dengan COVID-19, dibandingkan dengan masyarakat umum?

Data dan informasi dari laporan ilmiah yang diterbitkan tentang kerentanan wanita hamil terhadap COVID-19 sangat terbatas. Wanita hamil mengalami perubahan imunologis dan fisiologis yang mungkin membuatnya lebih rentan terhadap infeksi pernapasan virus, termasuk COVID-19. Wanita hamil juga mungkin berisiko terhadap penyakit parah, morbiditas, atau mortalitas dibandingkan dengan populasi umum seperti yang diamati dalam kasus infeksi coronavirus terkait lainnya [termasuk coronavirus sindrom pernafasan akut akut (SARS-CoV) dan coronavirus sindrom pernafasan Timur Tengah (MERS- CoV)] dan infeksi pernapasan virus lainnya, seperti influenza, selama kehamilan.

Pedoman Sementara tentang menyusui untuk ibu yang dikonfirmasi atau sedang diselidiki untuk COVID-19

• Meskipun penyebaran virus dari orang ke orang yang menyebabkan COVID-19 telah diamati di Amerika Serikat di antara kontak dekat, virus ini saat ini tidak menyebar di antara orang-orang di komunitas di Amerika Serikat dan risiko langsung ke masyarakat umum adalah rendah.
  • Wanita hamil harus melakukan tindakan pencegahan biasa untuk menghindari infeksi seperti sering mencuci tangan dan menghindari orang yang sakit.

Wanita hamil dengan COVID-19 berisiko lebih tinggi untuk hasil kehamilan yang beresiko

• Kami tidak memiliki informasi tentang hasil kehamilan yang merugikan pada wanita hamil dengan COVID-19.
  • Kehilangan kehamilan, termasuk keguguran dan lahir mati, telah diamati dalam kasus infeksi dengan virus corona terkait lainnya [SARS-CoV dan MERS-CoV] selama kehamilan.
  • Demam tinggi selama trimester pertama kehamilan dapat meningkatkan risiko cacat lahir tertentu.

Tenaga kesehatan yang hamil berisiko lebih tinggi untuk mendapatkan hasil yang merugikan jika mereka merawat pasien dengan COVID-19

• Tenaga kesehatan hamil (HCP) harus mengikuti penilaian risiko dan pedoman pengendalian infeksi untuk HCP yang terpapar pada pasien yang diduga atau dikonfirmasi COVID-19.
  • Kepatuhan terhadap praktik pencegahan dan pengendalian infeksi yang direkomendasikan adalah bagian penting untuk melindungi semua HCP di rangkaian perawatan kesehatan.
  • Informasi tentang COVID-19 pada kehamilan sangat terbatas; fasilitas mungkin ingin mempertimbangkan membatasi paparan HCP hamil pada pasien dengan COVID-19 yang dikonfirmasi atau dicurigai, terutama selama prosedur risiko yang lebih tinggi.

Penularan vertikal

• Wanita hamil dengan COVID-19 masih belum diketahui dapat menularkan virus ke janin atau bayi mereka
  • A: Virus yang menyebabkan COVID-19 diperkirakan menyebar terutama melalui kontak dekat dengan orang yang terinfeksi melalui tetesan pernapasan. Apakah seorang wanita hamil dengan COVID-19 dapat menularkan virus yang menyebabkan COVID-19 ke janinnya atau neonatus melalui rute transmisi vertikal lainnya (sebelum, selama, atau setelah melahirkan) masih belum diketahui. Namun, dalam serangkaian kasus baru-baru ini terbatas pada bayi yang lahir dari ibu dengan COVID-19 yang diterbitkan dalam literatur peer-review, tidak ada bayi yang dites positif untuk virus yang menyebabkan COVID-19. Selain itu, virus tidak terdeteksi dalam sampel cairan ketuban atau ASI.
  • Informasi terbatas tersedia mengenai transmisi vertikal untuk coronavirus lain (MERS-CoV dan SARS-CoV) tetapi transmisi vertikal belum dilaporkan untuk infeksi ini.

Bayi

• Bayi yang lahir dari ibu dengan COVID-19 selama kehamilan berisiko lebih tinggi. Berdasarkan laporan kasus terbatas, hasil bayi yang merugikan (mis., Kelahiran prematur) telah dilaporkan di antara bayi yang lahir dari ibu yang positif COVID-19 selama kehamilan.
  • Namun, tidak jelas bahwa hasil ini terkait dengan infeksi ibu, dan pada saat ini risiko hasil bayi yang merugikan tidak diketahui. Mengingat data terbatas yang tersedia terkait COVID-19 selama kehamilan, pengetahuan tentang hasil yang merugikan dari infeksi virus pernapasan lainnya dapat memberikan beberapa informasi. Sebagai contoh, infeksi virus pernapasan lainnya selama kehamilan, seperti influenza, telah dikaitkan dengan hasil neonatal yang merugikan, termasuk berat lahir rendah dan kelahiran prematur. Selain itu, menderita pilek atau influenza dengan demam tinggi pada awal kehamilan dapat meningkatkan risiko cacat lahir tertentu.
  • Bayi dilahirkan prematur dan / atau kecil untuk usia kehamilan oleh ibu dengan infeksi coronavirus lainnya, SARS-CoV dan MERS-CoV, selama kehamilan.

Dampak Jangka Panjang

• Infeksi COVID-19 pada wanita hamil atau neonatus dapat memiliki efek jangka panjang pada kesehatan dan perkembangan bayi yang mungkin memerlukan dukungan klinis setelah bayi lahir
  • Pada saat ini, tidak ada informasi tentang efek kesehatan jangka panjang pada bayi baik dengan COVID-19, atau mereka yang terpapar virus yang menyebabkan COVID-19 dalam kandungan. Secara umum, prematuritas dan berat badan lahir rendah dikaitkan dengan efek kesehatan jangka panjang yang merugikan.

Penularan melalui ASI

• Penyakit ibu dengan COVID-19 selama menyusui belum  banyak terungkap untuk terjadi risiko potensial untuk bayi menyusui.
  • Penularan dari manusia ke manusia melalui kontak dekat dengan seseorang dengan COVID-19 yang telah dikonfirmasi telah dilaporkan dan diperkirakan terjadi terutama melalui tetesan pernapasan yang dihasilkan ketika seseorang dengan infeksi batuk atau bersin.
  • Dalam serangkaian kasus terbatas yang dilaporkan hingga saat ini, tidak ada bukti virus telah ditemukan dalam ASI wanita dengan COVID-19.
  • Tidak ada informasi tersedia tentang penularan virus yang menyebabkan COVID-19 melalui ASI (mis., Apakah virus menular ada dalam ASI wanita yang terinfeksi).
  • Dalam laporan terbatas tentang wanita menyusui yang terinfeksi SARS-CoV, virus belum terdeteksi dalam ASI; Namun, antibodi terhadap SARS-CoV terdeteksi pada setidaknya satu sampel.

wp-1583202102349.jpg