Diagnosis Virus Corona Covid19: Panel Diagnostik RT-PCR 2019-nCoV Real-Time

wp-1580102152557.jpgDiagnosis Virus Corona Covid19: Panel Diagnostik RT-PCR 2019-nCoV Real-Time

WHO telah menerbitkan beberapa protokol pengujian untuk penyakit ini. Pengujian menggunakan transkripsi terbalik-Reaksi berantai polimerase (rRT-PCR) secara real time. Tes dapat dilakukan pada sampel pernapasan atau darah. Hasil umumnya tersedia dalam beberapa jam hingga beberapa hari. Ilmuwan Tiongkok mampu mengisolasi strain virus corona dan menerbitkan sekuens genetika sehingga laboratorium di seluruh dunia dapat secara independen mengembangkan tes PCR untuk mendeteksi infeksi oleh virus.

Pedoman diagnostik yang dikeluarkan oleh Rumah Sakit Zhongnan dari Universitas Wuhan mengusulkan metode untuk mendeteksi infeksi berdasarkan fitur klinis dan risiko epidemiologis. Pedoman ini melibatkan mengidentifikasi pasien yang memiliki setidaknya dua gejala berikut selain riwayat perjalanan ke Wuhan atau kontak dengan pasien lain yang terinfeksi: demam, gambaran pencitraan pneumonia, jumlah sel darah putih normal atau berkurang, atau berkurangnya jumlah limfosit

Instruksi resmi panel diagnostik FDA untuk penggunaan berisi informasi tentang pengujian, tujuan penggunaannya, prosedur pengujian, dan karakteristik kinerja. Ikon eksternal situs web EUA FDA telah menerbitkan Letter of Authorization eksternal FDA untuk panel diagnostik, yang mendefinisikan penggunaan resmi dan ketentuan otorisasi yang berlaku untuk CDC dan ke laboratorium pengujian.

Sumber Daya Reagen Internasional (The International Reagent Resource/IRR) akan mendistribusikan panel diagnostik dan sebagian besar reagen terkait kepada seluruh laboratorium yang membutuhkannya.

Laboratorium mana yang akan menerima panel diagnostik

• Food and Drug Administration (FDA) mengesahkan Otorisasi Penggunaan Darurat (EUA) pada 4 Februari 2020.
  • Panel diagnostik CDC dimaksudkan untuk digunakan oleh laboratorium yang ditunjuk oleh CDC sebagai yang memenuhi syarat, dan di Amerika Serikat, disertifikasi di bawah Amandemen Peningkatan Laboratorium Klinis (CLIA) untuk melakukan tes kompleksitas tinggi. Hal ini termasuk laboratorium kesehatan masyarakat negara bagian dan laboratorium Departemen Pertahanan (DoD).
  • Kit uji ini juga akan dikirim ke laboratorium internasional yang memenuhi syarat, seperti laboratorium Sistem Penanganan Pengawasan Influenza Global (WHO) World Health Organization (WHO). Untuk informasi lebih lanjut, lihat bagian yang diberi label Distribusi Kit Uji Laboratorium CDC (audiensi umum).
  • Setiap laboratorium yang melakukan pemesanan akan menerima satu panel diagnostik pada awalnya, dan setiap panel dapat menguji 700-800 spesimen pasien.
  • Di Indonesia bisa dilakukan pada rumah sakit rujukan RS Sulianti Saroso di jhakarta

This is a picture of CDC’s laboratory test kit for the severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2). CDC is shipping the test kits to laboratories CDC has designated as qualified, including U.S. state and local public health laboratories, Department of Defense (DOD) laboratories and select international laboratories. The test kits are bolstering global laboratory capacity for detecting SARS-CoV-2.

Ini;ah adalah gambar dari alat tes laboratorium CDC untuk sindrom pernafasan akut yang parah Covid19. CDC mengirimkan kit uji ke laboratorium yang ditunjuk CDC sebagai yang memenuhi syarat, termasuk laboratorium kesehatan masyarakat negara bagian dan lokal AS, laboratorium Departemen Pertahanan (DOD), dan beberapa laboratorium internasional terpilih. Kit uji memperkuat kapasitas laboratorium global untuk mendeteksi Covid19

Panel diagnostik

Panel Diagnostik RT-PCR Real-Time CDC 2019-nCoV berisi yang berikut ini:

• 2019-nCoV_N1, 2019-nCoV_N2 dan 2019-nCoV_N3 primer dan probe yang menargetkan gen nukleokapsid (N) dan dirancang untuk kedua deteksi universal virus corona seperti SARS serta deteksi spesifik 2019-nCoV;
  • Primer dan probe RP yang menargetkan gen Human RNase P; dan
    nCoVPC, kontrol positif 2019-nCoV yang digunakan dalam pengujian.

Peralatan lain yang diperlukan laboratorium untuk melakukan tes menggunakan panel diagnostik

• Panel Diagnostik RTC-PCR 2019-nCoV Real-Time juga mensyaratkan penggunaan bahan tambahan yang disahkan dan pereaksi tambahan resmi yang tidak termasuk dalam pengujian tetapi biasanya digunakan di laboratorium klinis dan dijelaskan dalam CDC 2019-nCoV Real yang resmi -Time RT-PCR Instruksi Panel Diagnostik untuk Penggunaan Memasukkan Paket.
  • Panel Diagnostik Real-Time RT-PCR 2019-nCoV membutuhkan bahan kontrol berikut, atau bahan kontrol resmi lainnya; semua kontrol yang tercantum di bawah ini harus menghasilkan hasil yang diharapkan agar suatu pengujian dapat dianggap valid, seperti yang diuraikan dalam CDC 2019-nCoV Real-Time RT-PCR Panel Diagnostik Petunjuk Penggunaan:
    • Human Specimen Control (HSC): Persiapan kultur sel manusia yang digunakan sebagai kontrol ekstraksi dan kontrol positif untuk primer RNase P dan set probe yang diekstraksi dan diuji secara bersamaan dengan setiap ekstraksi spesimen berjalan.
    • Kontrol Positif untuk COVID-19 (nCoVPC): Jalankan dengan setiap batch spesimen. Monitor kegagalan reagen rRT-PCR dan kondisi reaksi.
    • Tanpa Kontrol Template (NTC): Air bebas-nuklease termasuk dalam setiap proses. Monitor untuk reagen dan kontaminasi sistem.

Pasien yang harus dilakukan uji laboratorium untuk COVID-19

• Pada saat ini, CDC hanya merekomendasikan pengujian diagnostik pasien yang memenuhi kriteria klinis untuk COVID-19 orang yang sedang diselidiki (PUI), per Pedoman Sementara untuk Mengumpulkan, Menangani dan Menguji Spesimen Klinis dari Orang yang Di Investigasi (PUI) untuk Penyakit Coronavirus 2019 (COVID-19).
  • Orang-orang yang telah melakukan kontak dekat dengan pasien COVID-19 yang dikonfirmasi, dan orang-orang yang tinggal di atau baru saja bepergian dari daerah dengan transmisi berkelanjutan, berada pada risiko tinggi COVID-19.
  • Untuk informasi lebih lanjut tentang menafsirkan hasil tes, lihat bagian berlabel “Interpretasi hasil tes dari CDC 2019 novel coronavirus (2019-nCoV) Panel Diagnostik RT-PCR Real-Time.”

Peralatan keselamatan apa yang harus digunakan laboratorium saat menggunakan alat diagnostik

• Gunakan peralatan pelindung pribadi yang sesuai ketika mengumpulkan dan menangani spesimen dari individu yang diduga terinfeksi COVID-19 sebagaimana diuraikan dalam Pedoman Sementara CDC untuk Mengumpulkan, Menangani dan Menguji Spesimen Klinis dari Orang yang Di Investigasi (PUI) untuk Penyakit Coronavirus 2019 (COVID-19 ).

Cara laboratorium  mendapatkan virus

• Biodefense Institut Nasional Kesehatan (NIH) dan Infeksi yang Muncul Sumber Daya Repositori ikon eksternal (Sumber Daya BEI) akan menyediakan laboratorium dengan COVID-19.

Referensi

• Schirring, Lisa; 2020 (16 Januari 2020). “Japan has 1st novel coronavirus case; China reports another death”. CIDRAP (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 20 Januari 2020. Diakses tanggal 16 Januari 2020.
  • “Laboratory testing for 2019 novel coronavirus (2019-nCoV) in suspected human cases: Interim guidance”. Organisasi Kesehatan Dunia (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 20 Januari 2020. Diakses tanggal 28 Januari 2020.
  • “2019 Novel Coronavirus (2019-nCoV) Situation Summary”. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) (dalam bahasa Inggris). 30 Januari 2020. Diarsipkan dari versi asli tanggal 26 Januari 2020. Diakses tanggal 30 Januari 2020.
  • “Real-Time RT-PCR Panel for Detection 2019-nCoV”. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (dalam bahasa Inggris). 29 Januari 2020. Diarsipkan dari versi asli tanggal 30 Januari 2020. Diakses tanggal 13 Februari 2020.
  • “Teka-teki Lompatnya Virus Corona dari Kelelawar ke Manusia”. CNN Indonesia. 28 Januari 2020. Diakses tanggal 13 Februari 2020.
  • “Curetis Group Company Ares Genetics and BGI Group Collaborate to Offer Next-Generation Sequencing and PCR-based Coronavirus (2019-nCoV) Testing in Europe”. GlobeNewswire News Room (dalam bahasa Inggris). 30 Januari 2020. Diarsipkan dari versi asli tanggal 31 Januari 2020. Diakses tanggal 1 Februari 2020.
  • “Undiagnosed pneumonia – China (HU) (01): wildlife sales, market closed, RFI Archive Number: 20200102.6866757”. Pro-MED-mail (dalam bahasa Inggris). International Society for Infectious Diseases. Diarsipkan dari versi asli tanggal 22 Januari 2020. Diakses tanggal 13 Januari 2020.
  • Cohen, Jon; Normile, Dennis (17 Januari 2020). “New SARS-like virus in China triggers alarm” (PDF). Science (dalam bahasa Inggris). 367 (6475): 234–235. doi:10.1126/science.367.6475.234. ISSN 0036-8075. PMID 31949058. Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 11 Februari 2020. Diakses tanggal 11 Februari 2020.
  • Parry, Jane (20 Januari 2020). “China coronavirus: cases surge as official admits human to human transmission”. British Medical Journal. 368: m236. doi:10.1136/bmj.m236. ISSN 1756-1833. PMID 31959587.
  • Jin, Ying-Hui; Cai, Lin; Cheng, Zhen-Shun; Cheng, Hong; Deng, Tong; Fan, Yi-Pin; Fang, Cheng; Huang, Di; Huang, Lu-Qi; Huang, Qiao; Han, Yong (6 Februari 2020). “A rapid advice guideline for the diagnosis and treatment of 2019 novel coronavirus (2019-nCoV) infected pneumonia (standard version)”. Military Medical Research (dalam bahasa Inggris). 7 (1): 4.