Enterobius Vermicularis atau Cacing Kremi, Gejala dan Penanganannya

1494809023145_crop_960x505Enterobius Vermicularis atau Cacing Kremi, Gejala dan Penanganannya

Cacing kremi adalah cacing parasit kecil yang menjangkiti usus besar manusia. Parasit bernama latin Enterobius vermicularis ini memiliki fisik berwarna putih dan sekilas terlihat seperti benang putih. Cacing ini bisa terlihat pada sekitar lubang anus atau di tinja penderita. Cacing, yang rata-rata memiliki panjang tubuh 5 sampai 13 milimeter ini, biasanya menaruh telur-telurnya pada lipatan kulit di sekeliling anus pada saat penderita sedang tertidur.

Infeksi kremi, juga disebut enterobiasis, disebabkan oleh Enterobius vermicularis. E vermicularis adalah nematoda ramping putih dengan ekor yang runcing. Pada manusia, mereka tinggal di cecum, appendix, dan ascending colon. Cacing kwarah wanita panjangnya 8-13 mm, dan panjangnya 2-5 mm. Infeksi kremi terutama kondisi anak-anak, dan orang tua biasanya terinfeksi melalui transmisi melalui anak-anak mereka. Jamur cacing lazim di seluruh wilayah beriklim sedang di dunia dan merupakan infeksi cacing yang paling umum di Amerika Serikat.  Penularan dapat terjadi melalui kontak langsung dengan perabotan yang terkontaminasi, seprei, tempat tidur, handuk, toilet, kenop pintu, atau benda lainnya. Parasit juga bisa ditularkan selama kontak seksual.

Infeksi kremi umumnya tanpa menimbulkan gejala atau asimtomatik. Infeksi cacing kremi umumnya tidak menimbulkan kondisi medis yang serius. Namun, kadang cacing ini akan naik dari area anal menuju ke vagina, uterus, tuba falopi, dan sekitar organ di pinggul. Jika ini terjadi, penderita akan terancam terkena beberapa komplikasi seperti peradangan vagina (vaginitis) dan peradangan lapisan dinding dalam uterus (endometritis).

wp-1494709980767.

◾Mengompol.
◾Hilangnya nafsu makan.
◾Kesulitan tidur atau tetap tidur (insomnia).
◾Berat badan berkurang.
◾Infeksi kulit di sekitar anus.
◾Nyeri perut dan mual.

1511070437380_crop_952x164.jpg

• Parasit cacing kremi umumnya menjangkiti seseorang setelah ia menelan telur dari cacing kremi. Bahkan, telur tersebut bisa tertelan setelah terhirup lebih dahulu.
  • Cacing kremi betina bisa meletakkan ribuan telurnya di sekitar anus atau vagina. Ketika proses menaruh telur tersebut, cacing kremi betina juga mengeluarkan lendir yang menyebabkan penderita merasa gatal. Rasa gatal akan memancing penderita untuk menggaruk atau mengelap anus atau vagina. Saat menggaruk atau mengelap itulah, telur-telur cacing bisa menempel pada ujung jari atau di bawah kuku penderita.

Telur cacing kremi bisa bertahan hidup selama dua minggu. Telur-telur cacing kremi pada tangan penderita bisa berpindah pada benda apa pun yang disentuhnya seperti:
◾Sprei dan sarung bantal.
◾Handuk.
◾Mainan anak.
◾Peralatan dapur.
◾Sikat gigi.
◾Perabotan rumah.
◾Permukaan dapur atau kamar mandi.
Cacing kremi kebanyakan diidap oleh anak kecil karena masih belum bisa menjaga kebersihan tangannya dengan baik. Selain anak kecil, seseorang yang sering melakukan kontak langsung dengan penderita cacing kremi dan yang hidup di lingkungan padat penduduk juga berisiko lebih tinggi untuk mengidap parasit cacing kremi.
Diagnosis Cacing Kremi
Diagnosis merupakan langkah dokter untuk mengidentifikasi penyakit atau kondisi yang menjelaskan gejala dan tanda-tanda yang dialami oleh pasien. Langkah yang dilakukan dokter untuk mendiagnosis cacing kremi yaitu dengan menjalani pengujian khusus pada anus.

Di uji khusus anus, dokter akan meminta pasien untuk menempelkan plaster bening pada sekitar anus sesaat setelah mereka bangun tidur malam dan belum ke kamar kecil. Tujuannya adalah agar telur-telur cacing kremi menempel pada plaster bening, sehingga bisa terlihat saat diteliti di laboratorium. Untuk hasil yang jelas, uji khusus anus ini dianjurkan untuk dilakukan selama tiga hari berturut-turut.wp-1494710015769.

• Tujuan farmakoterapi adalah untuk membasmi infestas cacingi, mengurangi morbiditas, dan mencegah komplikasi. Penting dilakukan secara bersama sama untuk membersihkan seluruh rumah tangga secara bersamaan untuk cacing kremi saat keputusan pengobatan. Anthelmintics, seperti mebendazole, pyrantel pamoate, dan albendazole, aktif melawan Enterobius vermicularis. Gatal, iritasi, dan eksoriasi harus ditangani secara simtomatik.
  • Seringkali terjadi Reinfeksi dengan vermicularis segera setelah selesainya terapi obat sudah umum. Selain itu, cacing krem muda mungkin tahan terhadap obat-obatan terlarang.  Pemberantasan infeksi kworm yang berhasil, juga disebut enterobiasis, memerlukan dua dosis obat – dosis awal diikuti dengan dosis berikutnya dua minggu kemudian.
  • Anthelmintik. Jalur biokimia parasite cukup berbeda dari host manusia sehingga memungkinkan interferensi selektif oleh agen kemoterapi dalam dosis yang relatif kecil.
  • Mebendazole. Mebendazole menyebabkan kematian cacing secara selektif dan ireversibel menghalangi pengambilan glukosa dan nutrisi lainnya di usus orang dewasa yang rentan dimana cacing tinggal
  • Pyrantel pamoate (Pengobatan Pinworm Reese, Pin-X). Pyrantel pamoate adalah agen penghambat neuromuskular depolarisasi. Ini menghambat kolinesterase, yang mengakibatkan kelumpuhan spastik cacing.
  • Albendazole (Albenza). Albendazole menurunkan produksi ATP pada cacing, menyebabkan penipisan energi, imobilisasi, dan akhirnya kematian. Untuk menghindari respons inflamasi di SSP, pasien juga harus diawali dengan antikonvulsan dan glukokortikoid dosis tinggi.

Pencegahan

Selain pemberian obat-obatan, pasien juga diminta menerapkan perilaku hidup bersih untuk mencegah terkena infeksi cacing kremi kembali. Beberapa perilaku hidup bersih antara lain:

• Hindari menggunakan handuk orang lain.
  • Mencuci semua baju, sprei, handuk, dan mainan.
  • Membersihkan debu di seluruh rumah.
  • Bersihkan kamar mandi dan dapur.
  • Hindari untuk menggoyangkan benda yang terkontaminasi dengan telur cacing kremi.
  • Hindari makan di kamar tidur.
  • Jaga agar kuku-kuku selalu pendek.
  • Ajari anak untuk tidak menggigit kuku dan mengisap jari.
  • Mandi setiap hari

Referensi

1. Centers for Disease Control and Prevention. Parasites – Enterobiasis (also known as Pinworm Infection). Parasitic Diseases Information. Available at http://www.cdc.gov/parasites/pinworm/index.html. Accessed: Jul
  2. Bøås H, Tapia G, Sødahl JA, Rasmussen T, Rønningen KS. Enterobius vermicularis and Risk Factors in Healthy Norwegian Children. Pediatr Infect Dis J. 2012 Sep. 31(9):927-30. [

3. Samkari A, Kiska DL, Riddell SW, Wilson K, Weiner LB, Domachowske JB. Dipylidium caninum mimicking recurrent enterobius vermicularis (pinworm) infection. Clin Pediatr (Phila). 2008 May. 47(4):397-9.

4. Cho SY, Kang SY, Kim SI, et al. Effect of anthelmintics on the early stage of Enterobius vermicularis. Kisaengchunghak Chapchi. June 1985. 23:7-17.

5. Patsantara GG, Piperaki ET, Tzoumaka-Bakoula C, Kanariou MG. Immune responses in children infected with the pinworm Enterobius vermicularis in central Greece. J Helminthol. 2015 May 20. 1-5.
  6. CDC. Parasites – Enterobiasis (also known as Pinworm Infection). Available at https://www.cdc.gov/parasites/pinworm/treatment.html. August 30, 2016; Accessed: August 14, 2017.