Benarkah Penyakit Polio Sudah Tidak Ada di Indonesia, Anak Tidak Perlu Imunisasi

Jurnal Pediatri

POLIOMIELITIS, PENYAKIT POLIO YANG BERBAHAYA

Banyak pendapat yang tidak benar dan harus diluruskan ketika orangtua tidak mau imunisasi polio karena infeksintersebut sudah tidak ada di Indonesia. Angka kejadian penyakit Polio yang dapat dicegah oleh imunisasi memang telah menurun drastis bahkan mungkin kadangkala sudah tidak pernah dilaporkan. Namun kejadian penyakit tersebut ada yang masih cukup tinggi di negara lain. Kuman penyakit tersebut dapat dibawa masuk secara tidak sengaja dan dapat menimbulkan wabah.

Hal tersebut serupa dengan KLB polio di Indonesia pada tahun 2005 yang lalu. Sejak tahun 1995, tidak ada kasus polio yang disebabkan oleh virus polio liar. Pada bulan April 2005, Laboratorium Biofarma di Bandung mengkonfirmasi adanya virus polio liar tipe 1 pada anak berusia 18 bulan yang menderita lumpuh layuh akut pada bulan Maret 2005. Anak itu tidak pernah mendapat imunisasi polio sebelumnya. Virus polio liar…

Lihat pos aslinya 302 kata lagi