Penanganan Terkini Virus Zika

PENANGANAN TERKINI VIRUS ZIKA

Virus Zika tampaknya sedang ramai diperbincangkan bukan hanya di Brasil tetapi di berbagai negara termasuk Indonesia. Sejak pertengahan 2015 sekitar 500.000 penduduk tertular virus ini. Lalu berkembang menjadi 1,5 juta penduduk yang tertular. Penyebaran Zika bertepatan dengan peningkatan tajam jumlah bayi yang menderita microcephaly, yaitu suatu kondisi di mana otak janin tidak tumbuh ke ukuran penuh dan menyebabkan bayi lahir dengan kepala abnormal berukuran kecil. Berdasarkan laporan The Wall Street Journal, antara 2010 dan 2014, Brasil memiliki rata-rata 156 bayi yang lahir dengan microcephalysetiap tahun. Tapi pada tahun 2015, lebih dari 3.000 bayi lahir dengan kondisi tersebut.

Bahaya Infeksi Virus Zika.

Infeksi virua zika yang saat oni ditakuti dunia sebenarnya berbahaya hanya pada janun yangbdikansung ibu hamil yang terinfekai virus Zika. Pada janin bisa mengakibatkan Mikrosefali yang dapat menganggu tubuh kembang bayi.

10. Mikrosefali. Konsekuensi seumur hidup dari penderita microcephaly dapat mencakup keterbelakangan mental, keterlambatan perkembangan, dan kejang, meskipun beberapa anak dengan kondisi tersebut berkesempatan untuk tumbuh dan memiliki kecerdasan normal. Sebenarnya banyak faktor yang bisa menyebabkan microcephaly, seperti gangguan genetik tertentu, infeksi kehamilan, paparan bahan kimia beracun, dan bahkan kelahiran traumatis.Sampai saat ini pejabat kesehatan Brazil mengatakan, ada hubungan antara Zika dan microcephaly, namun para ahli dari WHO dan lainnya yang berbicara kepada The Huffington Postbelum mengonfirmasi. Beberapa ahli mengapresiasi penemuan dokter Brasil untuk penyelidikan kuat mereka ke masalah ini, tetapi bila mengikuti perspektif WHO, masih terlalu dini untuk mengatakan bahwa virus Zika menyebabkan cacat lahir. Saat ini, beberapa dokter Brasil menasihati wanita untuk menghindari kehamilan. Para pejabat juga sedang mencari tahu apa yang terjadi, dan wanita di Brasil yang saat ini sedang hamil mengatakan mereka merasa sangat stres.

Tanda dan Gejala infekai virus Zika lainnya

**. Demam. Seperti infeksi virus pada umumnya pada awal penyakit pasien akan merasakan demam mendadak
**. Lemas
**. Kemerahan pada kulit badan, punggung dan kaki
**. Nyeri otot dan sendi.
**. Mata pasien akan merah karena mengalami radang konjungtiva atau konjungtivitis.
**. Sakit kepala.
**. Mual dan nyeri perut
**. Pemeriksaan laboratorium sederhana biasanya hanya menunjukkan penurunan kadar sel darah putih seperti umumnya infeksi virus lainnya. Berbeda dengan infeksi demam berdarah, infeksi virus Zika tidak menyebabkan penurunan kadar trombosit.
***. Infeksi Lebih Ringan. Masa inkubasi hampir mirip dengan infeksi virus Dengue yaitu beberapa hari sampai satu minggu. Sekilas infeksi virus Zika hampir mirip dengan virus Dengue sehingga adanya infeksi ini sering kali tidak terdeteksi karena umumnya gejalanya ringan.