DEMAM TIFUS PADA BAYI

Demam tifoid atau tifus adalah penyakit saluran cerna yang disebabkan bakteri Salmonella typhi dan Salmonella typhimurium. Penyakit tropis ini biasanya menyerang anak usia di atas 2 tahun dan usia dewasa, karena usia tersebut sudah terjadi perilaku makan jajan di luar rumah lebih sering. Meskipun sangat jarang namun ternyata beberapa kasus ditemukan penyakit tifus pada usia bayi.

Pada bayi, penyakit ini didapat melalui dua cara penularan, yaitu:

1. Lewat ibuwp-1449964233689.jpg

• Penularan bisa terjadi sejak bayi masih dalam kandungan yang dibawa hingga persalinan, dan lewat air susu ibu. Kasus ini didasarkan pada penderita beberapa bayi yang sudah menderita tifus dengan gejala kejang-kejang pada saat beberapa jam atau hari sesudah lahir. Padahal, mereka belum minum ASI atau belum mengonsumsi apa pun. Deteksi penyakit pada bayi sangat sulit. Beberapa kasuss terdeteksi setetelah pemeriksaan cairan lumbal. Kuman tifus itu sifatnya sangat penetratif, bisa menembus dinding-dinding barier.
  • Penularan lewat ASI pada bayi yang menyusui ibu

2. Lewat makanan tambahan

Umumnya terjadi bila makanan yang dikonsumsi bayi kurang diperhatikan kebersihannya. Entah saat pengolahan, penyajian, dan pemberian. Akibatnya, bayi terinfeksi kuman yang menjadi penyebab tifus.

Tanda dan Gejala

Gejala tifus pada bayi tidak khas dan lebih sulit. Gejala umum yang terjadi adalah demam tinggi,  diare, muntah, kuning, kesadaran menurun, tidak mau makan dan minum sama sekali, hingga kejang dan kesadaran menurun.

Perjalan penyakit ini bila dibiarkan  sangat cepat berkembang biak dan menjalar ke mana-mana melalui pembuluh darah. Bisa menyerang paru-paru, hati, hingga otak. Tifus yang sudah tergolong berat akan sulit diobati karena sudah telanjur terjadi komplikasi. Jika bakterinya sudah menyerang paru-paru, penderita akan sulit bernapas hingga mengganggu ke otak beraikibat kejang-kejang karena radang otak.

www.jurnalpediatri.com

Provided By JURNAL PEDIATRI ONLINE Address: Jl Matraman 30 Jakarta Pusat 10430 phone 021-29614252 – 08131592-2012 – 08131592-2013. “Children are the world’s most valuable resource and its best hope for the future”. We are guilty of many errors and many faults. But our worst crime is abandoning the children, neglecting the fountain of life. In 1,000 days Your Children, You can change the future

Information on this web site is provided for informational purposes only and is not a substitute for professional medical advice. You should not use the information on this web site for diagnosing or treating a medical or health condition. You should carefully read all product packaging. If you have or suspect you have a medical problem, promptly contact your professional healthcare provider

Copyright ©2016, Jurnal Pediatri Online, Information Education Networking. All rights reserved