DEMAM YANG DAPAT MENGANCAM JIWA

PENYEBAB DEMAM YANG BERBAHAYA

Dr WIDODO jUDARWANTO pediatrician

BACK GROUND

• Kecemasan semakin meningkat, bila saat ini anaknya mengalami panas badan apa pun penyebabnya. Pikiran pertama yang muncul di kepala adalah apakah anak saya menderita demam DBD? Meskipun penyebab demam sangat banyak, tapi DBD paling ditakuti. Masyarakat awam, bahkan seorang dokter yang ahli pun kadang sulit mendeteksi lebih awal diagnosis DBD. Gejala awal DBD tidak khas, hampir semua infeksi akut pada awal penyakitnya menyerupai DBD. Gejala khas seperti perdarahan pada kulit atau tanda perdarahan lainnya kadang terjadi hanya di akhir periode penyakit.
  • Tragisnya bila penyakit ini terlambat didiagnosis, maka kondisi penderita sulit diselamatkan. Perjalanan penyakitnya sangat cepat, dalam beberapa hari bahkan dalam hitungan jam penderita bisa masuk dalam keadaan kritis. Untuk menghindari keterlambatan diagnosis DBD, perlu diketahui deteksi dini dan tanda bahaya DBD.
  • Penyebab demam sangat banyak dan bervariasi, bisa yang ringan hingga yang berat sampai dapat mengancam jiwa. Saat ini penyebab demam paling ditakuti bukan hanya DBD beberapa penyakit lainnya seperti flu burung, ensefalitis dan sebagainya termasuk penyakit yang dapat cepat mengancam jiwa dan diawali dengan keluhan demam.

DEMAM

• Demam adalah kondisi dimana otak mematok suhu di atas setting normal yaitu di atas 38C. Namun demikian, panas yang sesungguhnya adalah bila suhu > 38.5C. Akibat tuntutan peningkatan setting tsb maka tubuh akan memproduksi panas. Demam biasanya terjadi akibat tubuh terpapar infeksi mikroorganisme (virus, bakteri, parasit). Demam juga bisa disebabkan oleh faktor non infeksi seperti kompleks imun, atau inflamasi (peradangan) lainnya. Ketika virus atau bakteri masuk ke dalam tubuh, berbagai jenis sel darah putih atau leukosit melepaskan “zat penyebab demam (pirogen endogen)” yang selanjutnya memicu produksi prostaglandin E2 di hipotalamus anterior, yang kemudian meningkatkan nilai-ambang temperatur dan terjadilah demam. Selama demam, hipotalamus cermat mengendalikan kenaikan suhu sehingga suhu tubuh jarang sekali melebihi 41 derajat selsius.
  • Tubuh anak yang dapat mempertahankan suhu tubuhnya walaupun suhu disekitarnya berubah artinya suhu tubuh relatif tetap sekitar 37o C . Pengaturan suhu tubuh ada di susunan saraf pusat yaitu “set-point” hipotalamus dimana terjadi keseimbangan antara pembentukan dan pengeluaran panas. Di tempat dingin pembentukan panas bertambah dan pengeluaran panas berkurang. Sebaliknya di tempat panas, pengeluaran panas akan ditingkatkan.
  • Demam terjadi sebagai respon tubuh terhadap peningkatan set-point, tetapi ada peninggian suhu tubuh karena pembentukan panas berlebihan tetapi tidak disertai peningkatan set-point seperti pada penderita gondok atau keracunan aspirin. Infeksi menimbulkan demam karena endotoksin bakteri merangsang sel lekosit (PMN) membuat pirogen endogen (PE) yang bekerja di hipotalamus membentuk prostaglandin yang akan meningkatkan set-point. Demam yang terjadi pada keganasan, infeksi virus, penyakit darah, kolagen, gangguan metabolik, alergi, juga disebabkan pelepasan PE, tetapi sumber PE bukan sel PMN.

PENYEBAB DEMAM YANG BERBAHAYA

• Penyebab demam sangat banyak dan bervariasi, bisa yang ringan hingga yang berat sampai dapat mengancam jiwa. Dalam praktek dokter anak sehari-hari penyebab demam pada umumnya adalah infeksi virus. Sebagian besar infeksi virus ini tidak berbahaya tetapi terdapat beberapa jenis infeksi virus yang berbahaya.
  • Infeksi yang berbahaya adalah infeksi yang yang dapat mengancam jiwa atau menimbulkan gejala sisa menetap setelah sembuh.
  • Diantara penyakit dengan gejala demam yang dapat beresiko berbahaya yang di Indonesia relatif sering dilaporkan adalah :
    • DEMAM BERDARAH DENGUE (DBD)
    • AVIAN FLU (VIRUS FLU BURUNG)
    • ENSEFALITIS (RADANG OTAK) DAN MENINGITIS (RADANG SELAPUT OTAK)
    DEMAM BERBAHAYA YANG RELATIF JARANG TERJADI :
    • DIFTERI
    • TETANUS

DEMAM YANG DAPAT BERBAHAYA AKIBAT KOMPLIKASI YANG TERJADI

Sebenarnya beberapa penyakit dalam kondisi tubuh yang relatif baik dan tidak terlambat penanganannya tidak berbahaya. Tetapi dalam kondisi tubuh dalam keadaan daya tahan tubuh menurun dan tidak terlambat penanganannya akan menimbulkan berbagai komplikasi yang dapat mengancam jiwa. Diantaranya penyakit tersebut adalah :
• PNEMONI (INFEKSI PARU-PARU)
• GASTROENTERISTIS AKUT (DIARE AKUT) karena komplikasi kekurangan cairan
• TIFUS
• CAMPAK

DEMAM, KEKEBALAN TUBUH DAN BAHAYANYA

1. Dalam keadaan daya tahan tubuh menurun, beberapa penyakit yang ringan bagi anak lain tetapi bagi anak tertentu dapat menimbulkan komplikasi yang berbahaya. Ciri anak dengan kekebalan tubuh yang tidak baik :
  • Terdapat kelainan bawaan kromosom : sindrom down dan lain-lain
  • Belum sulit terdeteksi atau belum dideteksi lewat pemeriksaan kromosom hal yang dapat dikenali adalah : wajah dengan tampilan agak aneh, mata sipit, hidung sangat pesek, atau bentuk muka aneh lainnya, proporsi bentuk badan tidak sesuai.
  • Gangguan pencernaan berat yang berkepanjangan seperti : sering berat darah, muntah sering, diare berkepanjangan, sulit buang air besar yang disertai dengan gangguan pertambahan berat badan
  • Infeksi HIV, penyakit jantung bawaan sianotik (biru), keganasan atau kanker atau kelainan bawan organ tubuh lainnya

CIRI-CIRI UMUM DEMAM DENGAN PENYEBAB YANG BERBAHAYA, ADALAH DEMAM TINGGI DISERTAI MINIMAL 2 GEJALA DI BAWAH INI :

• KEADAAN UMUM SANGAT LEMAH, DALAM SEHARIAN TIDUR DAN BERBARING TERUS MENERUS, TIDAK SANGGUP DUDUK DAN BERDIRI ATAU BERJALAN
  • ANAK REWEL DAN GELISAH SANGAT BERLEBIHAN SEPANJANG HARI
  • KESADARAN MENURUN
  • TIDAK MAU MINUM DAN MAKAN SAMA SEKALI DALAM SEHARI
  • SESAK NAPAS YANG BERAT
  • KEJANG LEBIH DARI 15 MENIT DAN BEULANG LEBIH DARI 2 KALI
  • DEMAM SANGAT TINGGI LEBIH DARI 40 DERAJAT CELSIUS (PEMERIKSAAN SUHU DI KETIAK BUKAN DI TELINGA ATAU KULIT)

www.jurnalpediatri.com

Provided By JURNAL PEDIATRI ONLINE Address: Jl Matraman 30 Jakarta Pusat 10430 phone 021-29614252 – 08131592-2012 – 08131592-2013. “Children are the world’s most valuable resource and its best hope for the future”. We are guilty of many errors and many faults. But our worst crime is abandoning the children, neglecting the fountain of life. In 1,000 days Your Children, You can change the future